Cepidis.com

Blog Bisnis

12 Kebiasaan Susah Ini Justru Bisa Mensukseskan Seorang Bisnis Pemula

Bagi seorang pemula, Bisnis adalah momok yang menakutkan karena mereka tidak punya pengalaman di bidang bisnis, ketika dia dulu masih sekolah dia hanya beranggapan bahwa setelah lulus maka untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan cara bekerja di perusahaan.

Padahal kalau dia kaji lebih dalam berbisnis dengan bekerja itu lebih menjanjikan berbisnis walaupun di awal kadang mengalami kesusahan, beda kalau dengan orang yang bekerja tidak perlu memikirkan apapun karena mereka gajinya sudah pasti di akhir bulan nanti atau di awal bulan.
12 Kebiasaan Susah Ini Justru Bisa Mensukseskan Seorang Bisnis Pemula
Image Source : pixabay.com

Namun kalau kamu sudah membulatkan tekad untuk menjadi pebisnis atau pengusaha janganlah ragu atau takut biarlah mengalami kegagalan karena umur masih sangat muda, Indonesia membutuhkan jutaan pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Untuk kamu yang akan memulai bisnis namu tidak percaya diri, di bawah ini kita akan mengulas

12 Kebiasaan Susah Ini Justru Bisa Mensukseskan Seorang Bisnis Pemula


Ayo kita simak

1. Mau Memulai


Memulai adalah suatu hal yang susah dan berat apalagi pemikiran kamu sudah dipenuhi dan disusupi pemikiran yang akan menumbangkan calon pengusaha seperti kalau jangan usaha inilah, jangan usaha itulah karena tidak akan bertahan lama, untungnya sedikit, tidak bakal ada yang minat. Tapi kalau kamu berani memtahkan pola pikir seperti itu kamu sebenarnya bisa dan memulailah bisnis itu jangan terlalu banyak pertimbangan kalaupun gagal istilahnya tapi kita sudah berpengalaman dan mempelajarinya.


2. Tidak Melihat Ke Atas


Seseorang pebinis pemula diawal berbisnis selalu diuji dengan penglihatan yang begitu indah yaitu ingin cepat mendapatkan laba sebanyak-banyaknya dan ingin seperti orang lain, padahal kalau di awal berbisnin kita harus pandai mengelola keuangan dan menerapkan strategi yang jitu agar bisa menarik pelanggan atau pembeli, jangan melihat orang yang sudah punya penghasilan yang besar karena mereka dulunya juga pernah mersakan perjuangan.

3. Berpikir Ke Depan


Resiko Berbisnis itu begitu besar dan pasti seorang pebisnis itu akan mengalami kejadian yang luar biasa yang tidak disangka, maka walaupun kita berani mengambil resiko tapi kita juga harus mengetahui konsekuensinya dan bersiap akan menghadapi sesuatu yang luar biasa maka dari itu kita harus berpikir ke depannya jangan sampai kita malah ngedrop.


4. Berprasangka Positif


Semua orang sukses di dunia itu memiliki kunci kesuksesan yang universal yaitu mereka selalu berprangka postif karena kalau diri kita mempunyai prasangka seperti itu maka hal yang baikpun akan datang sebagaimana Allah juga telah berfirman bahwa "Aku sebagaimana prasangka hamba-Ku".

5. Kerja Cerdas


Kalau kita hanya mengandalkan kerja keras itu tidak cukup bagi pebisnis pemula karena semakin banyak persaingan usaha di dunia ini kalau kita tidak punya konsep yang cerdas, bagaimana agar kita bisa mendapatkan tips agar bisa kerja cerdas saat memulai sebuah bisnis? ya kita harus banyak belajar dan mencari Informasi

6. Mau Menerima Kritik Dan Saran Dari Siapapun


Keegoan bisa merusak diri seseorang karena dia keras kepala dan tidak mau mendengarkan orang lain, apalagi kalau kamu seorang pebisnis kamu mendengarkan kritik dan saran dari orang lain demi berjalan dan berkembangnya bisnismu kemudian carilah solusinya sebaik mungkin, dan jangan ulangi kesalahan yang telah disampaikan orang lain.

7. Tidak Kaku


Ketika memulai bisnis seorang pemula haruslah aktif dalam keadaaan apapun tapi dalam artian bukan aktif harus bergerak tidak jelas, tapi kita harus aktif dalam berinteraksi dengan orang lain apalgi dengan pelanggan baru kita harus bisa melobi mereka dan bisa berbicara dengan baik.

8. Bersikap Sopan Santun


Mayoritas pengaruh dari kesuksesan dalam manusia adalah dia bersikap sopan santun kepada orang lain, memiliki sikap sopan santun dapat menyenagkan orang lain. Mau apapun kemampuanmu tapi kalau tidak dibarengi sopan santun orang tidak akan suka terhadapmu, sikap sopan santun ini medatangkan kebaikan bagi semua orang apalagi kalau kamu seorang bisnis pemula sangat diutamakan yaitu sifat ini bersikap baik dan sopanlah kepada orang lain agar orang lain bisa mengenalmu dan peduli terhadapmu.

9. Bagun Pagi


Banyak yang mengatakan bahwa bangun pagi itu mempengaruhi kesuksesan sesorang dalam hal apapun seperti pekerjaan maupun bisnis, dan ternyata memang benar perkataan seperti itu, semua orang sukses di dunia ini pasti bangunnya pagi karena mereka bisa mengatur waktu terhadap kehidupannya, mau kamu tidur jam berapapun maka tetap wajib bangun pagi, apalagi kalau kita muslim kita harus mandi subuh dan melaksanakan sholat subuh.

10. Konsisten dan Komitmen


Konsisten atau Istiqomah adalah hal yang berat bagi sesorang karena kita harus terus menjalankan aktvitas itu setiap hari apalagi kalu kamu memiliki sifat yang cepat bosan. Tapi kalau kamu bersabar dan terus melakukannya pasti deh kamu akan mendapatkan suatu kenikmatan yang luar biasa apabila kamu telah mencapai sesuatu yang diinginkan, nanti kamu akan melihat kenangan dulu bahwa betapa beratnya menjalankan keistiqomahan.


11. Berbagi dan Sedekah


Berbagi dan sedekah adalah suatu ujian bagi pebisnis pemula karena mereka beranggapan bahwa mereka nanti akan berbagi dan sedekah setelah mereka suskses karena mereka takut dikatan inilah itulah padahal kalau mereka melihat sejarah orang suskes mereka banyak berbagi ketika memulai bisnisnya, berbagi dan sedekah tidak hanya uang tapi juga ide dan peimikiran agar semua orang bisa melakukan kebaikan dan mengajak dengan ilmu yang telah didapatkan karena kita akan suskses bersama namun kalau kamu punya uang lebih kamu boleh mensedekahkan uang itu kepada orang yang membutuhkan karena sedekah dari dini bisa mendidik kamu agar nanti setelah sukses bisa sedekah juga, karena kalau tidak mendidik diri sedekah dari dini nanti kalau sudah sukses akan juga sulit untuk melakukan sedekah karena tidak biasa dan banyak pertimbangan padahal harta sudah melimpah, banyak juga pengusaha yang seperti itu yang akhirnya diuji dengan masalah yang tidak masuk akal seperti ditimpa bencana kesehatan ataupun tidak tenang dirinya semoga kita tidak termasuk orang-orang tersebut.


12. Berdoa


Senjata paling ampuh di dunia adalah berdoa, berdoa adalah segalanya apabila kamu melakukan apapun maka berdoalah di awal dan di akhr aktivitasmu dan meminta Pertolongan Allah karena Dialah yang memutuskan segalanya terhadap bisnimu karena manusia yang membuat rencana dan Allah yang memutuskan terimalah atas apa yang telah diberikan Allah karena itulah yang terbaik.

Nah itulah pembahasan artikel tentang 12 Kebiasaan Susah Ini Justru Bisa Mensukseskan Seorang Bisnis Pemula semoga kebiasaan seperti ini bisa ditanamkan pada kita semua sebagai calaon pebinis dan memang sifat ini harus ada dalam semua manusia meskipun susah untuk diterapkan, janganlah menyerah dan terus berusaha unutk menerapkannya di kehidupan bisnis ini agar semakin bersinar dan di Akhirat nanti kita mendapatkan balasan yang baik.

Salam Semangat Bisnis

Back To Top