Cepidis.com

Blog Bisnis

7 Usaha Yang Cocok Bagi Anak SMP Yang Mau Belajar Bisnis Dari Kecil

Masa SMP adalah masa di mana seseorang mulai beranjak dari masa anak - anak menuju remaja pada waktu inilah di mulai suatu perubahan drastis dari seseorang mulai dari fisik dan mental. Kita sudah tahu dan pernah mengalami masa remaja yang begitu ilfil kalau diceritakan lagi dengan teman teman ketika kita sudah dewasa.
7 Usaha Yang Cocok Bagi Anak SMP Yang Mau Belajar Bisnis Dari Kecil
Image Source : cepidis.com
Namun terkadang kebanyakan anak SMP banyak membuang waktunya hanya untuk bermain dan mencari identitas dirinya, padahal kalau mereka tahu tentang potensi dirinya yang masih sangat muda dan segar tersebut tentunya mereka bisa mendapatkan pundi pundi rupiah di umuran segitu.

Semua tergantung lingkungan begitupun manusia, manusia terbentuk oleh lingkungan terdekat dan orang tua, apabila lingkungannya baik tentunya kehidupannya juga akan baik pun juga orang tua apabila orang tua telah menanamkan tentang kehidupan yang sebenarnya nanti setelah sekolah atau kuliah maka si anak akan mengerti dan lebih dewasa apa yang akan dihadapinya nanti masa depan sebenarnya.

Menurut saya, pendidikan bisnis bagi anak itu sangat penting sekali namun bukan mendidik anak bahwa uang itu segalanya tapi didiklah anak itu untuk menghemat uang dan bagaimana caranya menghasilkan uang sehingga anak akan lebih tahu bahwa uang itu apa kegunaannya dan bukan hanya sekedar meminta uang jajan kepada orang tua atau menghambur-hamburkan uang.

Saya sering membaca bahwa orang sukses atau orang-orang terkaya di dunia mereka ternyata dari kecil sudah hobi berbisnis dan mereka mahir bisnis di usia dini sehingga mereka tahu bahwa ternyata mencari uang itu bukanlah perkara mudah namun apabila kita telah mencoba bisnis dari kecil peluang menjadi sukses atau kaya di usia muda sangatlah besar.

Kini Alhamdulillah telah banyak orang orang sukses di usia muda karena mereka dididik oleh orang tuanya dari kecil mereka bisa bertahan dari kerasnya kehidupan kemiskinan sehingga bisa berpikir mencari jalan keluarnya agar bisa terbebas dari kesusahan.

Oke kembali ke Artikel pembahasan bagi kamu anak SMP yang kreatif yang mungkin menemukan artikel ini, saya ingin mencoba membuka wawasan saya yaitu apa saja sih Usaha Yang Cocok Bagi Anak SMP? sehingga kamu bisa belajar bisnis dari kecil peluang untuk sukses di usia mudapun semakin lebar asyiiiik.

Oke Inilah 7 Usaha Yang Cocok Bagi Anak SMP Yang Mau Belajar Bisnis

1. Berdagang Cemilan Kepada Teman Di Kelas


Janganlah gengsi atau malu untuk berjualan kepada teman, apakah kamu tidak lihat temanmu yang kelaparan ketika waktu istirahat? nah ini merupakan peluang kita untuk menyerang mereka keluarkanlah daganganmumu itu baik berupa cemilan pedas juga es yang segar, tawarkan kepada mereka cemilanmu yang lezat bin gurih ditambah pedas mantap, penelitian menunjukan siswa di kelas itu paling banyaknya wanita, kamu tahu wanita? mereka itu suka cemilan pedas haha, dijamin daganganmu pasti laris manis setelah mereka kepedesan tawari mereka minuman segar pasti mereka tidak akan menolak dan akan membeli minumannnya karena mereka kepedesan. Nah lumayan kan? kalau misalkan harga cemilanmu tarohlah Rp. 2000 percemilan kamu dapat Rp. 1000 percemilan dikalikan 50 orang, wah udah dapat 50 rebu udah gitu kamu juga  dapat untung dari jualan minuman segar yaitu 1000 rupiah dikalikan 50 orang lagi dapet 50 rebu, lalu dijumlahin sama keuntungan cemilan wah wah wah sehari kamu yang hanya bocah SMP bisa menghasilkan 100 rebu rupiah apabila dikalikan sebulan udah dapet 3 juta toh? setara dengan gaji kakamu yang kerja cape-cape di pabrik.

2. Berdagang Pulsa


Mungkin bagi anak seumuran SMP jualan Pulsa adalah hal yang gengsi tapi kamu gak perlu gengsi demi membantu meringankan biaya orang tua untuk memberikan uang jajan kepadamu harusnya kamu mencoba dulu usaha ini, yang namanya juga belajar tentunya harus kita lewati dengan sabar, karena dengan jualan pulsa juga lumayan loh keuntungannya yah walaupun tidak besar ada lah buat jajan sehari-hari setelah itu kamu akan terbiasa menggunakan HP dan bisa mengetik HP dengan cepat hehe...

3. Jualan Pulpen


Pulpen merupakan alat tulis yang sangat dibutuhkan karena kalau kita sudah menginjak SMP maka harus memakai pulpen nah tidak ada salahnya dong kamu bawa aja ke sekolah 1 dus dulu pulpen nah siapa tahu ada yang kehilangan pulpen kamu bisa menjualnya ke dia, lumayan kan daripada dia jauh jauh ke luar kelas untuk beli pulpen, tapi awas demi keuntungan kamu, kamu hilangkan semua pulpen temenmu yang ada di kelas hingga akhirnya mereka semua beli pulpen sama kamu hehe... Atau kalau semua temen di kelasmu udah pada punya pulpen bisa juga kamu tawarin ke kelas lain siapa tahu setiap kelas tersebut ada yang lagi butuh pulpen.

4. Jualan Pensil Warna Atau Spidol


Pensil Warna dan spidol juga tidak kalah penting dari pulpen, apabila ada pelajaran Seni Budaya kita suruh menggambar dan mewarnainya nah ini merupakan hal yang sepele yang sering dilupakan padahal ini merupakan suatu ladang bisnis, yah walaupun musiman atau seminggu sekali, tahukah kamu? ketika saya masih sekolah setiap ada pelajaran menggambar banyak temen yang tidak punya pensil warna atau spidol kamu juga megalaminya juga kan? nah kalu kamu cerdas jangan pinjemin spidol atau pensil warnamu tapi jualah pensil warnamu yang sudah kamu siapkan untuk dijual ini juga lumayan kan? apalagi kalau temenmu banyak yang tidak bawa, wah makin sukses aja nih bisnismu dalam kelas, tapi terkadang ada juga sih temen yang agak rese dia mah enggak mau beli pengennya pinjem aja, betulkan?

5. Jualan Pin Lucu dan Imut atau Pin yang Keren Buat Cowoknya


Pin merupakan aksesoris yang suka digunakan orang apalagi di sekolahan suka banyak yang menggunakan mulai dari murid hingga gurunya, namun pertnayaannya kamu masih SMP dan tidak bisa buat Pin tapi jangan khawatir carilah di Internet orang yang menjual Pin nah kamu bisa membelinya dan menjualnya kembali kepada temen-temenmu, belilah dalam jumlah yang banyak biar harganyapun bisa diturunkan dan jual kembali kepada temenmu atau juga gurumu, kamu boleh mengambil untung mulai dari 1000 rupiah atau lebih namun dengan wajar aja jangan sampai barang yang kecil cabe rawit ini kamu jual dengan harga selangit.

6. Membuka Jasa Pembuatan Akun Facebook


Masa SMP adalah masa mencari identitas diri seperti yang telah dijelaskan tadi, pada waktu ini mereka mulai mengenal media sosial dan ingin eksis nah apabila kamu bisa memanfaatkan peluang ini terus kamu udah jago bikin akun Facebook kamu bisa buka jasa pembuatan akun Facebook yah walaupun ini hal yang sepele siapa tahu ada yang mau dan kamu juga bisa ngajari mereka yang baru kenal facebook mulai dari cara update status atau upload foto profil ingat kalau kamu mencoba menawarkan ini tidak ada salahnya karena Rizqi tidak akan tertukar.


7. Membuka Jasa Pembuatan Edit Foto


Bagi kamu anak SMP yang sudah hobi jago ngedit-ngedit apalagi ngedit Foto ini merupakan suatu peluang bagi kamu untuk bisnis, punya kemampuan jangan hanya untuk diri sendiri atau dalam artian lain kalau jago ngedit foto jangan ngedit foto sendiri editlah foto temenmu siapa tahu dia suka nah kalau suka dan dapat pujian yang bagus kamu bisa buatkan lagi yang lebih keren asalkan dia mau membayar kan lumayan, enggak usah gede-gede kalau mau cari keuntungan cukup aja kasih tarif 7000 rupiah tapi kalau dikalikan 100 orang udah lumayankan.

Nah itulah 7 Usaha yang Cocok Bagi Anak SMP saya menganalisis ini karena ini memang market yang pas untuk umuran segitu, oke silahkan coba dulu dan take action mumpung masih muda kalau gagal juga tidak apa-apa masih banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan bisnis yang ada.

Salam Sukses Anak Muda !

Back To Top