Cepidis.com

Blog Bisnis

7 Bisnis Yang Cocok Bagi Santri Lulusan Pesantren

Lagi-lagi binis tidak memandang siapapun untuk menggelutinya siapa orang juga bisa apabila mereka bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya, tak terkeculai santri. Anak Santri adalah mereka yang dididik untuk belajar agama kebanyakan pelajaran-pelajaran di pesantren mereka diajarkan dari pagi hingga malam belajar ilmu agama.
7 Bisnis Yang Cocok Bagi Santri Lulusan Pesantren
Image Source : pixabay.com
Namun semakin ke sini ternyata pesantren juga mulai menyadari akan kebutuhan pembelajaran masyarakat untuk dididik agar mereka bisa hidup mandiri dan bisa berwirausaha sehingga apabila mereka sudah lulus dari pesantren, mereka sudah bisa dan mengetahui ilmu berbisnis atau wirausaha.

Selama ini anak lulusan Pesantren banyak yang menyangka bahwa mereka lulusnya akan menjadi seorang ustadz atau kiyai bagi cowoknya kalau ceweknya jadi ustadzah sehingga banyak yang berburuk sangka kalau mereka usahanya dari bayaran ceramah nantinya, yah begitulah menurut pandangan orang banyak.

Padahal kalau kita ketahui bahwa selama mereka hidup di pesantren mereka bisa hidup mandiri tanpa kehadiran orang tua.

Nah bagi kamu yang lulusan pesantren jangan kecewa biarkan omongan orang lain, ayo semangat setelah kamu lulus dari pesantren, nah kali ini saya akan memberitahukan kepada kalian yaitu

7 Bisnis Yang Cocok Bagi Santri Lulusan Pesantren


apa saja itu? ayo kita simak

1. Bisnis Membuka Restoran


Tidak perlu bertanya lagi kenapa anak pesantren harus buka bisnis restoran? ya karena kamu jago masak ketika masih menimba ilmu benarkan? nah maka praktekanlah ilmu memasakmu ke dalam binsis yang sedang dijalani, ciptakanlah masakan-masakan yang lezat dengan resep yang kamu punya, sehingga ketika ada temenmu dulu di pesantren yang makan di restoranmu mereka akan bernostalgia dan kembali mengenang masa lalu.


2. Bisnis Menjadi Penulis Buku


Anak Pesantren adalah anak yang kutu buku benarkan? karena mereka sehari hari dihadapkan dengan buku-buku baik buku kajian agama atau umum, ketika mereka bosan membaca buku agama,mereka pasti lari ke buku bacaan umum seperti novel, komik dll. dan tahukah kamu mereka itu sering hatam membaca buku kaya gini, nah jelas kan ini merupakan suatu ladang bisnis bagi kamu, kenapa kamu tidak berpikiran untuk beimajinasi membuat sebuah buku karangan yang luar biasa, Apabila buku karyamu disukai banyak orang kamu bisa menjualnya kepada mereka apalagi kalau bukumu di jual secara online pasti laris deh ribuan buku karyamu.


3. Bisnis Karya Kaligrafi


Kaligrafi sudah tak asing bagi kalangan anak pesantren, karena seniman kaligrafi ini kebanyak lahir dari pesantren karya mereka sungguh luar biasa indahnya dengan tangan yang mahir tesebut keindahan dinding dan langit-langit masjid jadi berwana penuh keindahan. Bagi kamu ketika dulu di pesantren sering belajar membuat kaligrafi dan sudah mahir kamu bisa menjual karyamu kepada mereka yang suka seni kaligrafi atau juga kamu bisa menawarkan jasa kaligrafi ke DKM Masjid, agar masjid dilukis dengan kaligrafi.


4. Bisnis Menjual Pakaian Muslim Yang Modern dan Elegan


Menjual Pakaian Muslim sudah hal yang biasa, kebanyakan pakaian muslim yang ada di toko-toko modelnya biasa biasa aja, tapi kalau kamu lebih cerdas dan membuka dunia kamu bisa lihat dan cari di Internet perusahaan yang menjual atau grosiran pakaian muslim yang keren dan elegan, nah kamu bisa memesan dan menjual kembali di toko punyamu sehingga pakaian yang kamu jual berbeda dari yang lain.

5. Bisnis Penyedia Buku Kitab-Kitab Kuning


Karena dulu seorang santri pasti kamu beli kitab kuning di toko kitab ya iyalah masa di dealer, nah kamu bisa membuka toko kitab dan menyediakan kitab-kitab lengkap unutk keperluan santri, selain menjual kitab kamu juga bisa menjual siwak, peci dan keperluan ibdah lainnya.

6. Bisnis Jasa Penerjemah Bahasa Arab


Kalau kamu dulu jago bahasa arab di pesantren kamu bisa membangun sebuah komunitas penerjemah bahasa arab ajaklah temenmu yang juga mahir bahasa arab kemudian kamu bisa promosikan komunitasmu ke pemerintah atau perusahaan yang membutuhkan penerjemah arab.


7. Bisnis Membuka Ternak Ikan


Kalau pesantrenmu dulu dekat sungai pasti kamu sering ke sungai, baik itu untuk mandi atau mencari ikan, nah bila kamu memang suka dengan ikan kenapa kamu tidak membuka peternakan ikan? mudahkan kan kamu udah mahir mengendalikan ikan jadi tidak ada salahnya dong untuk membuka bisnis ini setelah itu kamu jual ikan ikannya ke restoran yang meneydiakan makanan ikan.

Itulah sedikit penggambaran apa saja Bisnis Untuk Santri Lulusan Pesantren sebenarnya kamu tidak harus terpaku dengan bisnis di atas, kamu bisa membuka usaha atau binis lain yang mungkin lebih kamu suka dan lebih keren, namun saya di sini hanya sekedar berbagi bahwa bisnis di atas itu relevan dengan kegiatan kegitan para santri.

Salam Sukses Untuk Santri

Back To Top