Cepidis.com

Blog Bisnis

Nadiem Makarim Bongkar 7 Rahasia kesuksesan Gojek, Apa Saja Itu?

Gojek adalah perusahaan layanan transportasi yang berbasis di Indonesia. Semua orang di Indonsesia suda tahu dan merasakan manfaat atas kehadiran gojek di Indonesia karena sangat membantu perjalanan bagi para penumpang yang akan melakukan perjalanan ke berbagai tempat.
Nadiem Makarim Bongkar 7 Rahasia kesuksesan Gojek, Apa Saja Itu?
Image Source : gojek.com

Gojek melayani transportasi berbentuk digital atau aplikasi mobile yang bisa kita dapatkan di playstore, kita bisa memesan ojek di manapun secara online langsung lewat smartphone Android kita, tanpa harus capek-capek mencari pangkalan ojek.

Pelayanan gojek memang sangat memuaskan bagi pelanggannya karena pelayanannya sangat fast response apabila kita memesan maka kita akan langsung dihubungi beberapa detik kemudian dan selanjutnya driver gojek pun meluncur menuju tempat kita.

Sekarang perusahaan Gojek mulai merambah ke bisnis lain tidak hanya melayani transportasi gojek, tapi juga Go-Car perjalanan transportasi menggunakan mobil, Go-Food, Go-Mart, Go-Send, Go-Box, Go-Tix, Go-Med dan lainnya sehingga cakupan bisnis gojek lebih besar dan banyak hampir semua lini bisnis Gojek memudahkan kehidupan masyarakat.

Dibalik kesuksesan Gojek tersebut tidaklah mudah dan instant harus membutuhkan perjuangan dan pelayanan yang baik kepada masyarkat. Dibalik kesuksesan tersebut CEO sekaligus Founder Gojek yang merupakan lulusan Universitas Harvard yaitu Nadiem Makarim membongkar Rahasianya.

Apa saja Rahasia Kesuksesan Gojek yang memiliki Image yang baik di Masyarakat? Berikut ini dibawah ini

7 Rahasia Kesuksesan Gojek Yang Dibongkar Nadiem Makarim


kita simak langsung

1. Harus Berani Mengambil Keputusan Dan Jangan Takut Salah


Mengambil keputusan adalah suatu hal yang berat bagi suatu orang apalagi kalau orang tersebut tidak punya pendirian dan hanya mengikuti orang lain takut kalau tindakannya tersebut salah. Namun Nadiem justru lebih menghargai orang yang berani mengambil keputusan dan membuat solusi walaupun nantinya ada kesalahan, Nadiem mengaharuskan karywannya ikut andil dan memberi ide tentang semua permasalahan yang aharus dihadapi demi kebaikn perusahaan, Nadiem menghargai semua pendapat karyawannya untuk bebas memberkan ide apapun kemudian barulah disepakati bersama.


2. Membangus Perusahaan Harus Memberikan Dampak Sosial Untuk Masyarkat, Bukan Hanya Mengedepankan Omset Perusahaan


Perusahaan yang Sukses adalah perusahaan yang memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarkat apalagi sekarang ekonomi sedang sulit, harus ada anak bangsa yang berpikir kreatif dan peduli terhadap kehidupan masyarakat menciptkan lapangan pekerjaan baru, janganlah membuat perusahaan yang bikin resah masyarakat membuang limbah dan lainnya dan hanya menguntungkan diri sendiri. Dalam membangun prusahaan masyarakat harus andil menilai kritk dan saran dan mengapresiasi sehingga perusahaan tersebut terbuka dan merakyat tidak mengedepankan bisnis semata.

3. Buang Sikap Yang Ego Dalam Diri


Nadiem adalah salah satu anak bangsa yang memberikan solusi bagi masyarakat bagaimana tidak perusahaan yang telah membuka pekerjaan lebih dari 100.000 orang tersebut kini semakin sukses dan banyak yang membantu dari segi dana dan motivasi, rahasianya apa? karena Nadiem menjauhkan sikap Ego yang ada pada dirinya ini juga berlaku bagi semua elemen yang berada dalam lingkungan perusahaan Gojek mulai dari Atasan, Orang Kantor, sampai Driver semuanya harus mementingkan bersama agar semuanya berjalan baik dan tidak ada pihak yang dirugikan


4. Harus Merasakan Bahwa Kita Sebagi Pengguna Atau pelanggan


Dalam membangun sebuah bisnis kita harus mengetahui pelanggan apa saja keinginan mereka dan apakah mereka merasa nyaman tentunya kita harus merasakan dulu menjadi pelanggan kita harus turun tangan ke lapangan dan berpikir untuk menerapkan solusi yang sedang dipikirkan sehingga kita bisa mengetahui karakteristik pelanggan ibaratnya kalau pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang lahir dari rakyat dan pernah merasakan pahitnya kehidupan.

5. Harus Sesuai Data Dalam Bekerja Dan Memutuskan Sesuatu


Demi berkembang dan bertahannya perusahaan itu semuanya harus berdasarkan data dan fakta yang ada apabila akan mengambil keputusan janganlah semabarang memberikan sesuatu keputusan yang tidak ada data dan faktanya di lapangan atau nol besar. makannya kita harus turun ke lapangan dan mencarikan solusinya jangan hanya diam di kantor.

6. Peganglah Prinsip Customer Obsession, Be Faerless, Data Driven, Inspire Others, Dan Zero Ego


Bagi Nadiem membuat perusahaan jangan fokus untuk mencapai target keuntungan semata sehingga melupakan keluhan dan masalah yang ada di pelanggan atau pengguna transportasi kita, semua karyawan justru harus melakukan sikap yang baik di mata masyarakat dan mereka harus bisa menerpakan prinsip Obsesi Pelanggan, tidak takut, Bedasarkan Data, Menginspirasi Orang Lain, dan membuang ego sendiri.

7. Berpikir Positif dan Optimis


Kesuksesan seseorang itu tergantung cara pandang dia dalam sesuatu apabila dia selalu berpikir negatif dan putus asa maka maka ketidak berhasilanpun akan mengahmpiri kita, beda kalau kita terus bersikap optimis dan berpikir positif maka keberhasilanpun akan datang menghampiri kita. Harus bisa mematahkan omongan orang di mana mereka berprinsip kalau perusahaan semain besar maka akan sulit diatur, kita harus membuktikan bahwa kita tidak karena kita selalu berpikir optimis dan akan menyelesaikan masalah yang ada.

Nah Itulah 7 Rahasia kesuksesan Gojek yang dibongkar langsung oleh Nadiem Makarim selaku CEO dan Founder Gojek, ada baiknya kita bisa melihat dan mempelajari prinspi kesuksesan ini bahkan kita bisa menirunya apabila kita akan membangun sebuah usaha. kalau kata orang sudah saatnya belajar dari pengalaman orang lain bukan pengalamam sendiri, namun kalau kita punya prinsip sendiri dan ingin berjuang sendiri silahkan saja, karena beda orang beda prinsip asalkan semua itu mengandung kebaikan bagi kehidupan masyarkat.

Salam Semangat Bisnis 

Back To Top